Pages

ann-hirt.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 27 Maret 2013

Traveling dengan tour atau tanpa tour


Berhubung saya sedang nyusun itinerary untuk ke Singapura dan Malaysia jadi terpikir untuk nulis di blog tentang traveling dengan tour atau tanpa tour. Saya sudah traveling ke beberapa tempat, tapi sebagian besar memang karena pekerjaan jadi manfaatin sisa waktu buat jalan-jalan. Baru 4 kali yang pergi dengan agenda pribadi, tapi itupun baru 1x yang saya benar-benar susun itinerary nya sendiri :D ketika traveling ke Singapura, sisanya 2x dengan tour yaitu ke Dieng dan Pulau Tidung dan 1x temen yang atur ke Singapura lagi untuk nonton konser :D.
Pergi dengan tour ataupun jalan sendiri memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada orang yang cocok traveling dengan tour, ada juga yang lebih suka traveling tanpa tour, jadi semuanya diatur sendiri.
Berikut kelebihan dan kekurangan traveling dengan tour menurut pengalaman saya:

Kelebihan :
1. santai, maksudnya mudah aja tinggal daftar, bayar dan fix nunggu hari H keberangkatan
2. ga perlu repot browsing dan cari info sana sini untuk cari penginapan dan transportsi menuju tempat wisata tujuan karena semua sudah diatur oleh pihak travel organizer yang ngadain tour.
Kekurangan :
1. harus siap terima kalau ternyata sarana transportasi yang dipakai menuju tempat tujuan ga sesuai harapan, karena bisa aja ketika daftar terdengar oke semuanya  pas dijalanin taunya berbeda, begitupun tentang akomodasinya.
2. harus punya toleransi lebih kepada anggota tour yang lain, yang notabene kita ga kenal mereka, karena biasanya pasti ada aja yang hobi telat ngumpul, rese, mabok perjalanan, dan lain-lain.
3. harus tepat waktu sesuai jadwal, ga bisa terlalu lama di tempatwisata karena tour udah punya agenda yang harus dijalani,jadi ga bisa suka-suka kita.
4. intinya seh harus terima apa yang disediakan oleh pihak tournya tapi ga sesuai kemauan kita :D
Kalau kelebihan dan kekurangan traveling tanpa tour menurut saya :

Kekurangan :
1. siap repot dan aktif untuk cari tiket pesawa/bus/kereta/kapal laut yang sesuai kemampuan, apalagi kalau ngejar  tiket promo dari maskapai low cost.
2.harus rajin browsing dan hunting penginapan yang sesuai dengan kemauan dan kemampuan dan urus semuanya sendiri, sedikit lebih sulit kalau ga punya kartu kredit/CC terutama diluar negeri karena biasanya kita harus DP 10% dengan menggunakan CC .tapi bisa sih pesen lewat travel agen untuk minta pesenin lewat agoda tapi kita harus bayar full.
3. aktif browsing semua tempat yang mau didatangi, berikut transportasi menuju kesana dan ongkos yang dibutuhkan.
4. aktif browsing tempat makan, biar tahu mana tempat makan yang sesuai kantong kita :D
Intinya seh rajin browsing untuk cari tiket PP, transportasi disana, penginapan dan tempat makan J

Kelebihan :
Semua kita yang atur sendiri sesuai kemampuan kita, suka-suka hati. Masalah waktupun terserah kita, mau sebentar aja ditempat tujuan atau mau lama dan leyeh-leyeh juga bisa. Kata kuncinya terserah kita. Itu kalau  traveling solo yah, kalau sama temen atau keluarga ya tinggal atur sesuai kesepakatan, gimana enaknya aja sih..
Jadiiii traveling dengan tour atau tidak ya terserah cocoknya kita ya...






1 komentar:

 
www.blogtopsites.com/travel/" title="Travel Blogs" target="_blank">www.blogtopsites.com/v_161722.gif" alt="Travel Blogs" />
www.blogtopsites.com" style="font-size:10px;">blog directory