Pages

ann-hirt.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 28 Maret 2013

Nyari Orang Utan di Taman Nasional Gunung Leuser

Kunjungan singkat di Medan bener-bener dimanfaatin buat nikmatin alam. Kami bertiga ga keliling di kota Medan tapi melipir jauh keluar kota ke Taman Nasional Gunung Leuser diBukit Lawang / Bahorok Langkat, Sumatera Utara. Sekitar 2,5 jam perjalanan dengan mobil yang ncukup ngebut. Awalnya saya ga tau apa sih TN. Gunung Leuser itu, atasan sayalah yang mengajak dan menjelaskan bahwa disana ada orang utan liar yang kita bisa lihat langsung. Saya langsung setuju aja kesana. Sampai disana kita harus bayar tiket masuk sebesar Rp 125.000,-/orang, ini adalah paket separuh, karena cuma punya waktu sampe jam 1 siang sebelum terbang ke Jakarta. Harga tersebut termasuk guide dan paket water tubing, selain itu kita harus beli buah-buahan lagi buat memancing orang utan agar keluar..(guidenya sih yang beli kita kasih uangnya aja :D)
agak cemas sebenernya :D
sambil nunggu guide beli buah
jembatan gantung dari kayu
Rute awal kita lewatin jembatan gantung dari kayu, di bawahnya ada sungai Bahorok yang jernih banget airnya. Penasaran juga gimana rasanya naik jembatan kaya gitu, ternyata goyang-goyang hihihi sedikit ngeri sih..setelah itu mulai masuk-masuk ke belakan penginapan, jalan terus ngikutin guidenya, oya guide kami ini ada 2 orang, 1 di depan 1 di belakang jadi total kami 5 orang dan saya perempuan sendiri. Didalem hutan saya beberapa kali ketemu bule, tapi ga nemu orang Indonesia. Jalan makin ke dalam hutan mulai deh ketemu ama kera-kera yang disebut Thomas Monkey,giudenya langsung nyodorin buah-buahan, saya dengan cerewetnya selalu tanya ke guidenya mana orang utannya. Ternyata ada tempat-tempat tertentu dimana orang utan sering muncul, kamipun kesana. Guidenya teriak-teriak, semacam kode untuk memanggil orang utan tersebut sambil bawa pisang yang tadi sudah dibeli, tapi ga muncul juga. Guidenya minta saya untuk nunggu dibawah pohon, disitu ada tempat duduknya, sementara si guide menghilang tapi masih kedengaran dia teriak-teriak manggil orang utan. Nungu, nunggu,nunggu, lama-lama gelisah juga khawatir guidenya ninggalin saya didalem hutan hihihih. 
di tengah hutan tetep aja foto

ini si Thomas Monkey
Saya sebenernya berdua nunggunya, tapi temen saya ini malah dengan santainya tidur sambil nyender dipohon, padahal banyak banyak banget nyamuk, secara di hutan. Akhirnya guideny nongol juga dan bilang kalau orang utannya ga bakal keluar karena jadwal dia makan sekitar jam 2 siang sementara pada saat itu masih jam 12an. Well, ya sudahlah kami sepakat keluar hutan menuju sungai Bahorok bersiap water tubing, seru banget airnya dingin jernih padahal cuaca lagi panas, jaraknya ga terlalu jauh tapi lumayan bikin badan adem. Dan saya basah-basahan sampe Jakarta :D.


keluar hutan

Basah-basahan ampe Jakarta
Kiri kanan sungai banyak penginapan tapi semuanya orang bule. Kemanakah orang indonesianya?? Apa TN. Gunung Leuser lebih dikenal masyarakat luar dibanding masyarakat lokal??

2 komentar:

  1. wah kayaknya enak ya jalan-jalan di situ. mungkin bisa menggelasr tenda. eh?
    :D

    BalasHapus
  2. enak, apalagi kalo ga terburu-buru kaya aku..boleh juga tuh gelar tenda kalo nemu tanah lapang hihihi, btw makasih ya Vera udah berkunjung :)

    BalasHapus

 
www.blogtopsites.com/travel/" title="Travel Blogs" target="_blank">www.blogtopsites.com/v_161722.gif" alt="Travel Blogs" />
www.blogtopsites.com" style="font-size:10px;">blog directory